Mengenal Ribbon Office 2007
Ribbon pada MS Office 2007 yang dimaksud adalah menu bar yang berisi segala macam icon. Pada MS Office terdahulu berupa menu bar yang berisi daftar menu berupa text list. Pada MS Office 2007, daftar menu berupa text list digantikan berupa icon semua, sehingga membutuhkan tempat yang lebih lebar, menyerupai pita (B Inggris : ribbon).
Salah satu tampilan sangat menarik ketika kita
mengaktifkan Word 2007 adalah fitur Ribbon. Ribbon Word 2007 full dengan
gambar icon shortcut/commands.
Ribbon Word 2007 didesain agar pengguna mudah
menemukan command sesuai kebutuhan. Command-command dikelompokkan secara logis
sesuai tipikal kegunaan/fungsinya di dalam Group, sedangkan Group-group dikelompokkan
ke dalam Tab-tab.
Agar Ribbon tidak terlalu penuh, ada beberapa
Tab yang hanya aktif bila diperlukan, misalnya tab Picture Tools (Format) yang
otomatis muncul jika kita mengklik gambar/image yang terdapat dalam lingkungan
kerja.
Pada
Microsoft Office 2007 ini Microsoft memperkenalkan Ribbon yang merupakan
fasilitas canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi manapun untuk saat ini.
Dengan menu Ribbon ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan berbagai menu dan
sub menu yang ada dalam suatu aplikasi.
Ribbon
adalah suatu cara baru untuk mengelompokkan menu dalam toolbar. Dengan
fasilitas ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan bermacam-macam menu berbasis
teks karena menu-menu dikelompokkan pada toolbar berupa ikon-ikon cantik dan
canggih.
Kelebihan
menu Ribbon ini adalah bahwa masing-masing menu dapat diakses dengan satu kali
klik dan tidak perlu harus keluar masuk menu untuk menemukan fasilitas yang
diperlukan.
Ribbon
adalah papan berisikan tombol dan ikon perintah pada bagian atas ms office
2007. ribbon ini menggantikan menu dropdown pada ms office versi sebelumnya.
ini adalah gambar dari ribbon beserta bagian-bagiannya dalam gambar ada “dialog box launcher” klik untuk
menampilkan dialog yang berisi perintah-perintah tertentu.
cara
meminimize ribbon :
1. Click Customize Quick Access Toolbar
1. Click Customize Quick Access Toolbar
2. kemudian click “Minimize the Ribbon”
dengan langkah di atas maka ribbon akan terminimize,
untuk memunculkan ribbon silahkan klik tabnya.
untuk mengembalikan (maximize) lakukan langkah di atas
lagi.
cara lain yang bisa anda lakukan untuk meminimize
ribbon adalah dengan cara double klik tab, dan double klik lagi untuk maximize.
Atau untuk short key nya tekan Ctrl+F1.
Saya akan menjelaskan sedikit tentang Tab-tab yang ada
pada Ribbon
TAB MENU
Tab menu
standar pada program aplikasi Microsoft Word 2007 ada 7 macam. Fungsi dan
masing masing tab menu diuraikan dalam materi berikut.
A. Tab Home
Tab home
umumnya merupakan ikon ikon standar yang biasa digunakan untuk mengolah naskah
dalam Microsoft Word. Fungsi dari masing-masing submenu pada tab home
dijelaskan dalam uraian sebagai berikut :
1)
Submenu
Clipboard
Submenu
clipboard digunakan untuk menampung sementara file file hasil copy, hasil
pemotongan, serta hasil painter. Selain itu sub menu ini digunakan untuk,
menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan.
2)
Submenu
font
Submenu
font berisi ikon ikon untuk fungsi pengaturan model / jenis huruf, ukuran
huruf, menebalkan huruf, mencetak huruf miring, membuat huruf turun, naik setengah
karakter, menghapus huruf, memberi warna huruf, memberi backround dan
membuat huruf menjadi besar atau kecil
satu karakter.
3)
Submenu
paragraph
Kegunaan
submenu paragraph adalah untuk pengaturan dan pemberian bullet adn numbering,
pengaturan outline number, melakuakn
decrease dan increase identasi paragraph, perataan teks atau Alligment (yang
terdiri dari align left, right, dan jutify), pengaturan jarak baris (spasi),
pemberian color (fill color), pemberian bingkai (border), dan pengurutan data
(short).
4)
Submenu
style
Submenu
style digunakan untuk mengatur penampilan teks (diantaranya dnegan pilihan
normal, tidak berspasi, serta heading).
5)
Submenu
editing
Submenu
editing digunakan untuk proses pengeditan teks.
B. Tab Insert
Fungsi dari masing-masing submenu pada tab insert dijelaskan dalam uraian berikut.
1)
Submenu
Page
Submenu page digunakan untuk pembuatan cover,
membuat atau membuka dokumen yang masih kosong dan membuat penggalan halaman.
2)
Submenu
Tabel
Submenu Insert tabel digunakan untuk
menyisipkan atau memasukan tabel ke dalam lembar kerja word.
3)
Submenu
Ilustrations
Submenu Ilustrations digunakan untuk memudahkan
dalam mendisain lembar kerja dengan cara menambahkan gambar, Clip Art, Shapes
(gambar-gambar yang ditampilkan Word 2007), dan menyisipkan grafik.
4)
Submenu Link
Apabila kalian menginginkan untuk dapat
menghubungkan file ke file yang lain, maka pilihan link ini akan membantu dan
mempermudah kalian menghubungkan ke file lain termasuk Internet.
5)
Submenu
Header and Footer
Insert Header and Footer digunakan untuk
menyisipkan terks pada header dan footer sebuah dokumen serta pemberian nomor
halaman.
6)
Submenu
Text
Insert text digunakan untuk membuat Text Box,
membuat Word Art (huruf Indah), serta pembuatan Drop Cap (huruf menjadi lebih
besar di awal paragraph)7)
Submenu
Symbol
Insert Symbil digunakan untuk membuat /
memasukan rumus serta simbol-simbol ke dalam teks.
C.
Tab Page
Layout
Fungsi
dari masing-masing submenu pada tab page Layout dijelaskan dalam uraian sebagai
berikut :1) Themes
Themes digunakan untuk pengaturan huruf dengan
format sesuai keinginan (misalnya heading, normal, dan lain-lain).
2)
Page
Setup
Page Setup digunakan untuk pengaturan margin
(batas tepi atas), paper size (ukuran kertas), dan pembuatan kolom teks.
3)
Page
Backround
Page Backround digunakan untuk memformat
halaman menjadi berwarna, watermark, dan pembuatan bingkai halaman kertas.
4)
Paragraph
Pada submenu Paragraph ini kalian dapat
mengatur seberapa besar Indentasi (menjorok) serta membuat spasi antar baris
teks kalian.
5)
Arrange
Arrange digunakan untuk mengatur tata letak /
posisi teks di dalam halaman, seperti di letakan di depan atau di belakang
gambar.
D. Tab Refrences
Tab ini digunakan untuk memasukan berbagai
perintah seperti menuliskan footnot (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat
benda citasi.
E.
Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger
(surat missal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label.
F.
Tab
Review
Tab review berguna untuk mengecek kesalahan
tata bahasa serta mempreloteksi dokumen.
G.
Tab View
Tab view digunakan untuk menampilkan atau
mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis
bantu pada lembar kerja.
Sumber : http://muhammadiqwa.blogspot.com/2013/01/ribbon-pada-microsoft-office-2007.html
Sumber : http://muhammadiqwa.blogspot.com/2013/01/ribbon-pada-microsoft-office-2007.html
0 komentar:
Posting Komentar