JARINGAN

PROTOKOL JARINGAN

Protokol Jaringan merupakan sebuah aturan yang mengatur sebuah jaringan dimana beberapa komputer tersebut bisa untuk saling berkomunikasi.
Jenis-Jenis Protokol Jaringan :
ü Ethernet
ü Local Talk
ü Token Ring
ü FDDI

ü Ethernet
merupakan protokol yang sering digunakan, Ethernet menggunakan  metode atau  akses(access method) yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/ Collision Detection)

ü Local Talk
Merupakan protokol jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan apple computer untuk komputer macintosh. Cara mengakses yakni  CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access dengan Collision Avoidance)

ü Token Ring
Protokol ini dikembangkan oleh perusahaan IBM pada pertengahan tahun 1980an. Cara masuknya (access method) menggunakan cara pengiriman informasi didalam suatu lingkaran.

ü Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
merupakan suatu protokol jaringan terutama untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal, untuk meliputi wilayah yang jauh  jaraknya.

TCP/IP

Suit Protokol Internet Merupakan model jaringan komputer dan rangkaian protokol komunikasi yang digunakan di internet dan jaringan komputer. Disebut juga dengan TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Merupakan gabungan dari protokol TCP dan IP
berperan untuk mengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data dari komputer satu ke komputer lain.

dan protokol ini tidak dapat berdiri dengan sendiri, dan protokol ini merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini.
4 Layer TCP/IP
TCP/IP terdiri dari 4 lapisan, berupa sekumpulan protokol yang bertingkat

A. Network Access Layer
Bertanggung jawab untuk mengirim dan menerima data dari media fisik, dan merupakan layer terbawah dari model TCP/IP, pada lapisan ini juga menyediakan sarana untuk mengirim data
B. Internet Layer
Lapisan ini memiliki fungsi untuk mencari jalan terbaik untuk mengirim suatu paket data, protokol yang bekerja pada lapisan ini adalah, IP,ICMP, ARP
C. Transport Layer
Lapisan ini memiliki peran untuk mengadakan komunikasi antara dua komputer dan mengirim paket, porotol yang berperan pada lapisan ini adalah, TCP(Transport Control Protocol), UDP(User Datagram Protocol)
D. Application Layer
Layer ini memiliki fungsi memberikan perbaikan kepada pengguna jaringan, berikut contohnya :
Ø Telnet : Memberi layanan pengendali komputer dari jarak jauh
Ø FTP(File Transport Protocol): Memberikan layanan download dan uploadfile
Ø HTTP(Hyper Text Transfer Protocol):protokol yang diperuntukkan ssistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan hipermedia
Ø SNMP (Single Network Management Protocol): protokol yang diperunutukkan sebagai pengontrol dan memonitor peralatan jaringan, dan digunaan untuk management konfigurasi, mengatur performa, dan sistem keamaan.

OSI(Open System Interconnection)

Merupakan stadari protokol jaringan yang dibuat oleh organisasi ISO yang didalam protok tersebut terdapat 7 lapisan, dan di setiap lapisan-lapisan tersebut terdapat bermacam-macam protokol
7. Application Layer
Merupkan lapisan yang menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna, dan bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara program komputer.
6. Presentation
Merupakan lapisan yang bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk pentransferan data.
5. Session
Merupakan lapisan yang memiliki 2 peran yakni, menjaga mengatur konveksi.
4. Transport
Merupakan lapisan yang bertanggung jawab membagi data menjadi segmen menjaga konveksi logika ^end to end^ antar terminal dan menyediakan penanganan error serta berfungsi untuk memecahkan data kedalam paket paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima.
3. Network
Merupakan lapisan yangbertanggung jawab dalam membentukan alamat jaringan menentukan rute yang diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik jaringan.
2. Datalink
Merupakan lapisan yang menyediakan link untuk data.
1. Physical
Merupakan lapisan yang bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransferkannya melalui media dan menjaga koneksi fisik antar system.





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar