samba


Samba adalah perangkat lunak bebas ulang pelaksanaan SMB / CIFS jaringan protokol , yang dikembangkan oleh Andrew Tridgell .
Samba berjalan pada Unix , OpenVMS dan Unix-seperti sistem, seperti Linux , Solaris , AIX dan BSDvarian, termasuk Apple OS X Server , dan OS X client (versi 10.2 dan lebih besar). Samba adalah standar pada hampir semua distribusi Linux dan umumnya disertakan sebagai dasar layanan sistem pada sistem operasi berbasis Unix lain juga. Samba dirilis di bawah persyaratan GNU General Public License . Nama Samba berasal dari SMB ( Server Message Block ), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.
Samba berguna berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan implementasi dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:
1. NetBIOS lebih TCP / IP ( NBT )
2. SMB
3. CIFS (versi yang disempurnakan dari SMB)
4. DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC , Network Neighborhood suite protokol
5. Sebuah WINS Server juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
6. PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
7. Keamanan Account Manajer (SAM) database yang
8. Otoritas Keamanan Lokal (LSA) layanan
9. Layanan NT-gaya pencetakan (SPOOLSS), NTLM dan baru-baru Active Directory Logon yang melibatkan versi modifikasi dari Kerberos dan versi modifikasi dari LDAP .
10. DFS Server
layanan Samba diimplementasikan sebagai dua daemon:
1. smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan
2. nmbd, yang menyediakan layanan nama NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP memerlukan beberapa metode untuk pemetaan NetBIOS nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.
Konfigurasi samba dicapai dengan mengedit file tunggal (biasanya dipasang sebagai /etc/smb.conf atau /etc/samba/smb.conf ). Samba juga dapat memberikan skrip logon pengguna dan pelaksanaan kebijakan kelompok melalui poledit .
Samba termasuk dalam kebanyakan distribusi Linux dan dimulai selama proses boot. Pada Red Hat, misalnya, /etc/rc.d/init.d/smb skrip berjalan pada saat boot, dan mulai baik daemon. Samba tidak termasuk dalam Solaris 8, tapi Solaris versi 8-kompatibel tersedia dari situs samba.
Samba termasuk alat administrasi web yang disebut Samba Web Administration Tool (SWAT).  SWAT telah dihapus dimulai dengan versi 4.1.

sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Samba_(software)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar